Dosen FKIP Bahasa Inggris USK Beri Pelatihan Kepada Guru Pesantren Terpadu Almuslimun

BANDA ACEH.Suwanudantara.com – Dosen FKIP Bahasa Inggris Universitas Syiah Kuala memberi pelatihan kepada para guru Pesantren Terpadu Al Muslimun. Pelatihan ini dilaksanakan pada 9-10 Agustus 2022 di komplek pesantren. Pelatihan ini realisasi dari kerjasama antara jurusan Bahasa Inggris dan Pesantren Almuslimun.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang diketuai oleh Burhansyah, S.Pd., MA menghadirkan 11 dosen yang terdiri dari dua professor, enam doktor dan tiga master.

Direktur Pendidikan, Dr. H. Zulfikar, Lc. MA., memberikan apresiasi dan kebanggaannya kepada para dosen ini. Sebagaimana disampaikan Wadir pada saat pembukaan yang didampingi oleh pihak yayasan dan segenap guru di Aula Serba Guna Al Muslimun.

Pimpinan Dayah, Dr. H. Hafifuddin, M.Ag memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada profesor dan doktor serta jajarannya dari FKIP Bahasa Inggris USK karena telah menjadikan Al Muslimun sebagai tempat melakukan pengabdian.

“Melakukan kerjasama dengan jurusan Bahasa Inggris FKIP USK menjadi salah satu inovasi Almuslimun selain dari pembukaan kelas internasional dan kelas timur tengah yang langsung mendatangkan Syeh Muhammad Khudari Ahmad Dhaif dari Mesir”, ujar pimpinan.

Sementara itu, Dr. Asnawi Muslem, S.Pd., M.Ed. menyampaikan bahwa para dosen dari jurusan Bahasa Inggris akan membahas materi tentang manajemen sekolah, teaching method, evaluasi pembelajaran, effective teacher, professional, English to young learners, personal communication skills dan public speaking.

“Para dosen jurusan Bahasa Inggris akan memberi pelatihan kepada para guru di pesantren Almuslimun sesuai bidang kepakarannya. Setidaknya ada delapan materi yang beri kepada para guru disini”, tutur Asnawi.

Dr. Iskandar Abdul Samad, pengajar materi public speaking mengatakan bahwa kemampuan bicara di depan public ini sangat penting bagi para guru di pesantren Almuslimun.

“Para guru di pesantren Almuslimun perlu memiliki kemampuan public speaking yang baik karena saat mereka berada di masyarakat biasanya akan diminta untuk memberikan ceramah atau khutbah” ucap Iskandar.

Dosen yang hadir di acara pengabdian ini yaitu Prof. Dr. Burhanuddin YS, M.Ed., Prof. Dr. Usman Kasim, M.Ed., Dr. Asnawi Muslem, S.Pd., M.Ed., Dr. Saiful, S.Pd., M.Pd, M.TESOL, Dr. Iskandar, S.Pd., M.A., Dr. Siti Sarah Fitriani, S.Pd., M.A, Dr. Kismullah, S.Pd., M.App.Ling., Dr. Sofyan A. Gani, M.A. Burhansyah, S.Pd., M.A. Masrizal, S.Pd.I, M.Ed dan Hendra Heriansyah, S.Pd, M.Pd,M.TESOL. (ARP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *